Drumuburit 10 Bawa Pulang Drummer The Rain ke Kampung Halaman

MEREKAMAKSI - BDS, Banjarnegara Drum Society kembali menghangatkan ramadhan dengan agenda Drumuburit. Bertempat di kedai kopi Sabin, Banjarnegara, Jawa Tengah, gelaran Drumuburit ke 10 dengan tajuk Rhapsodrum ini sukses digelar pada hari minggu sore (31/03/2024).

Banjarnegara Drum Society - Drumuburit 10
Host Eko Pumos dan Aang Anggoro drummer The Rain


Banjarnegara Drum Society

Sebuah komunitas musik di Banjarnegara ini cukup spesifik dimana alat musik drum yang mempersatukan mereka. Sebuah wadah bagi para pemain drum dan pecinta drum ini sudah tak asing lagi di kalangan muda-mudi kabupaten Banjarnegara. BDS (Banjarnegara Drum Society) ini menjadi komunitas musik yang cukup konsisten dan eksistensi mereka hingga hari ini masih berkibar. Komunitas yang terbentuk di tahun 2011 ini bisa kita acungi jempol dan beri hormat, mengingat banyak komunitas lahir dan tumbang begitu saja di Banjarnegara.

Drumuburit

Ngomongin soal agenda rutin BDS ini, gelaran Drumuburit ini sudah berlangsung ke 10. Mari kita tengok perjalanan BDS, dari drumuburit dan beberapa agenda lain nya:

  • Drumuburit 1 (2012)
  • Drumuburit 2 (2013)
  • SundaymaningNgedrumManing (2014)
  • Drumuburit 3 Tour (2014)
  • Saturdrumnight 1 (2015)
  • Drumuburit 4 (2015)
  • Drum Klinik 1 (2016)
  • Drumuburit 5 (2016)
  • Friday Im In Beat (2017)
  • Drumuburit 6 (2017)
  • Satudrumnight 2 (2018)
  • Drumuburit 7 (2018)
  • Drum Klinik 2 (2019)
  • Drumuburit 8 (2019)
  • Sharing Session (online) (2020)
  • Drumuburit 9 (online) (2020)
  • 1 Dekade BDS (2022)
  • Drumuburit 10 (2024)

Dari sederet kegiatan yang sudah digelar oleh BDS ini, Drumuburit menempati urutan pertama dengan 10 kali gelaran, kemudian Drum Klinik dan Satudrumnight masing-masing sudah di gelaran kedua.

Drumuburit 10 Hadirkan Aang Anggoro, Drummer The Rain

Siapa yang tidak kenal The Rain? band yang terbentuk 31 Desember 2001 ini digawangi oleh Indra Prasta, Aang Anggoro, Ipul Bahri dan Iwan Tanda. Drummer The Rain, Aang Anggoro ini merupakan pria kelahiran Banjarnegara yang kini bertempat tinggal di Jakarta Selatan. Di gelaran Drumuburit 10 ini BDS berhasil membawa Aang Anggoro pulang ke kampung halaman untuk memeriahkan gelaran Drumuburit bersama teman-teman Drummer Banjarnegara lainnya.

Drumuburit 10 dibuka dengan penampilan Sarrotama, disusul dengan penampilan Bena Salasa, Oggy Yanuar ft. Aseandi 'Kejet', Tegar Dwi, Fawas Emanuddin, Raffi Alief, Nurvilio Brothers, Didim Salasa, Bunga Ardina, dan Aaang Anggoro. Dari sekian banyak drummer, ada satu yang cukup menarik perhatian banyak pengunjung kopi Sabin, ia adalah Bunga Ardina. Satu-satu nya drummer wanita di gelaran ini sukses menyita perhatian pengunjung dengan skill bermain drum yang begitu energik.

Bunga Ardina Drummer - Drumuburit 10 Komunitas Drummer Banjarnegara
Penampilan Bunga Ardina di Drumuburit 10, foto oleh Ian Alam Sukarso


"Dulu pertama liat Bunga ikut BDS masih kecil banget, dulu masih SMP kalau gak salah, sekarang udah gede dan makin jago. Ngomong-ngomong dek Bunga ini pernah dimentori oleh drummer nya Pas Band, Mas Sandy" ungkap host Ekopumos usai penampilan Bunga.

Setelah penampilan Bunga, saatnya Aang Anggoro memainkan drum dengan membawakan dua tracks. Pertama dengan lagu Rosanna milik Toto, selanjutnya memainkan lagu Terlatih Patah Hati milik band nya, The Rain.

Aang Anggoro Drummer The Rain asal Banjarnegara
Penampilan Aang Anggoro drummer The Rain di Drumuburit 10, foto oleh Ian Alam Sukarso


Oh ya, ada sedikit yang terlewat, di pertengahan acara, host Eko Pumos mengundang Batin Salasa maju ke depan untuk sedikit ngobrol soal perjalanan BDS. Batin Salasa ini merupakan salah satu orang yang memulai adanya komunitas Banjarnegara Drum Society ini. "Semoga kedepannya tetep ada regenerasi untuk BDS" statement Batin Salasa sore itu.

Di penghujung acara, sebuah tradisi yang sudah sering dilakukan BDS ketika mengadakan acara yaitu Drum Maraton. Drum maraton ini adalah sesi dimana seluruh penampil dan siapa saja yang ingin bermain drum bisa secara bergantian memainkan drum. Diiringi oleh beberapa player lain seperti gitaris, keyboardist, dan juga bassis.

Drumuburit 10 di Kopi Sabin Banjarnegara
Situasi penonton Drumuburit 10 di Kopi Sabin Banjarnegara

Penutup : MEREKAMAKSI

Terima kasih sudah berkunjung ke blog MEREKAMAKSI, sebuah blog yang mencoba mengarsipkan kegiatan kesenian dalam bentuk digital (artikel, foto, maupun video). Artikel berjudul Drumuburit 10 Bawa Pulang Drummer The Rain ke Kampung Halaman semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca. Jika ingin kegiatan kesenian kalian kami ulas, bisa hubungi tim Merekam Aksi ke beberapa kontak dan ikuti media sosial kami berikut ini:

e-mail: merekamakasi@gmail.com

instagram: @merekamaksi

twitter: @merekamaksi

facebook: Merekam Aksi

youtube: Merekam Aksi

Share this:

Posting Komentar