Rekam Skena Tour Banjarnegara

MEREKAMAKSI - Rekam Skena, salah satu program dari Festival Musik bernama Cherry Pop melangsungkan tour ke beberapa kota di Jawa Tengah, beberapa diantaranya ada Banjarnegara, Purbalingga, Purwokerto, hingga Cilacap. Empat kota tersebut selain sebagai titik rekam skena tour juga sebagai partisipan pembuat film dokumentar musik yang kali ini adalah tahun kedua.

Rekam Skena Tour Banjarnegara
foto oleh Albar Muzaqi

Rekam Skena

Rekam Skena pertama menelurkan beberapa karya film dokumentar musik yang digarap beberapa kelompok di kota Jogja. Film Rekam Skena pertama adalah sebagai berikut:

  • Di Balik Lantai Dansa oleh Tuttifuti Collective
  • Jogja Magnetnya Rockabilly oleh Mahandhana Dira Priyahita
  • EnjOi! Cerita Tentang Skinhead Jogja oleh Galih Eko Kurniawan
  • Tuhan, Masukkan Aku ke Dalam Skena oleh 7Days Off
  • Knock Knock! Yer Blues Here oleh Spasi Latar

Tahun ini program Rekam Skena kembali dipersiapkan, film dokumenter musik kali ini dibuat oleh 4 pegiat kolektif Kabupaten, mereka adalah Kolektif Pancaroba (Banjarnegara), Hellofriends (Purbalingga), Heartcorner (Purwokerto), dan Kolektif Barokah (Cilacap).

Ke empat kolektif tersebut sedang mengerjakan film dokumenter musik di masing-masing daerah nya. Film yang dibuat tersebut akan diluncurkan di gelaran festival musik Cherry Pop pada 19 & 20 Agustus 2023 di Asram Edupark, Yogyakarta.

Pemutara Film Dokumenter Musik Rekam Skena Tour Banjarnegara
pemutaran film Knock Knock! Yer Blues Here - foto oleh Albar Muzaqi


Rekam Skena Tour Banjarnegara

Bertempat di Tepisawa, gelaran Rekam Skena tour Banjarnegara sukses digelar Selasa (25/07/2023) dengan serangkaian acara yang menarik. Dibuka dengan pemutaran 2 film rekam skena tahun lalu, kemudian disusul pemutaran teaser film Rekam Skena II berjudul "Tidak Ada Party di Kabupaten Ini" garapan Kolektif Pancaroba.

Penonton screening film Rekam Skena
foto oleh Albar Muzaqi


Usai teaser film tersebut diputar, dibukanya sesi diskusi yang dipandu oleh Kiki Mansyur dengan 3 narasumber, Kiki Pea mewakili Rekam Skena, Tama dan Imam mewakili Kolektif Pancaroba. Suasana semakin hangat walau cuaca Banjarnegara sedang dingin malam itu, kehangatan tercipta saat diskusi berlangsung, beberapa response penonton pun muncul.

Diskusi Film Tidak Ada Party di Kabupaten Ini - Rekam Skena Tour Banjarnegara
Dari kiri ke kanan: Tama, Kiki Pea, Imam, Kiki Mansur - foto oleh Albar Muzaqi


Dua Musisi Banjarnegara Unjuk Karya

Setelah diskusi selesai, pengunjung disuguhkan penampilan apik baik dari Menjelang Pagi pun juga Gardenia. Kedua musisi kelahiran Banjarnegara ini menunjukan karya-karya terbaik mereka, "malam ini spesial kami bawakan perdana lagu berjudul GAIA yang nantinya masuk di album kedua kami" ungkap Adit Gardenia.

Menjelang Pagi di Rekam Skena Tour Banjarnegara
penampilan Menjelang Pagi - foto oleh Albar Muzaqi
Gardenia di Rekam Skena Tour Banjarnegara
penampilan Gardenia - foto oleh Albar Muzaqi

Penutup : MEREKAMAKSI

Terima kasih sudah berkunjung ke blog MEREKAMAKSI, sebuah blog yang mencoba mengarsipkan kegiatan kesenian dalam bentuk digital (artikel, foto, maupun video). Artikel berjudul Rekam Skena Tour Banjarnegara semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca. Jika ingin kegiatan kesenian kalian kami ulas, bisa hubungi tim Merekam Aksi ke beberapa kontak dan ikuti media sosial kami berikut ini:

e-mail: merekamakasi@gmail.com

instagram: @merekamaksi

twitter: @merekamaksi

facebook: Merekam Aksi

youtube: Merekam Aksi

Share this:

Posting Komentar