Jenggawur Art Festival 2023

MEREKAMAKSI - Jenggawur Art Festival 2023 usai digelar dengan sederet sajian kebudayaan dan hiburan populer seperti penampilan musik dan screening film. Gelaran Jenggawur Art Festival merupakan agenda tahunan pemerintah desa Jenggawur, kecamatan Banjarmangu, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Jenggawur Art Festival digelar kembali setelah tiga tahun tidak diselenggarakan karena pandemi, akhirnya di tahun 2023 diselenggarakan kembali, mengusung tema The Revival of Culture" ungkap Aan, salah satu panitia Jenggawur Art Festival yang dihubungi tim merekamaksi.com

Penampilan Tari di Jenggawur Art Festival 2023
foto oleh: Ian Alam Sukarso


Jenggawur Art Festival

Seperti tahun-tahun sebelumnya, selaras dengan tujuan Jenggawur Art Festival yaitu berusaha merawat kearifan lokal, seni tradisi, budaya serta memperingatan hari jadi Desa Jenggawur yang ke 112. Sebagai wujud syukur masyarakat Desa Jenggawur yang mayoritasnya adalah petani menyelenggarakan "Merti Desa" sebagai rangkaian acara khusus.

Merti Desa merupakan acara adat dengan bentuk kegiatan ziarah leluhur, pengambilan sumber mata air, malam riyalatan hari jadi Desa Jenggawur. Di lanjutkan dengan esok hari (siang hari) acara Kirab Pari, Ruwat Bumi, pembacaan naskah sejarah Desa dan Riwayat Desa di Lapangan Desa Jenggawur pada hari Senin (24/07/2023). Sebagai penutup Merti Desa, diselenggarakan nya pagelaran wayang kulit, mendatangkan Ki Dalang KRT Jalu Pamungkas dengan Lakon Wisanggeni Lair.

Jenggawur Art Festival 2023
foto oleh: Ian Alam Sukarso


Di penghujung rangkaian kegiatan, dilangsungkan dua hari berturut-turut  (28 & 29 Juli 2023) berupa panggung hiburan seni tradisional dan panggung musik. Mulai dari screening film, pertunjukan tari, penampilan puisi, hingga pertunjukan musik oleh beberapa penampil seperti keroncong Camellia, Nuansa Akustika, The Euphoria, Regina Acoustic, Yudy Abyaksa feat. 1/4 Coin, Greysitta, Gusdian Music, Ageroots, Sogi The Fire, Dub Noize, Balik Pintu, dan Rengeng-Rengeng.

Rengeng-rengeng di Jenggawur Art Festival 2023
penampilan Rengeng-Rengeng, foto oleh: Ian Alam Sukarso


Beberapa penampil di hari terakhir, mereka yang membawakan karya sendiri didokumentasikan oleh tim Merekam Aksi di kanal youtube kami:

Penutup : MEREKAMAKSI

Terima kasih sudah berkunjung ke blog MEREKAMAKSI, sebuah blog yang mencoba mengarsipkan kegiatan kesenian dalam bentuk digital (artikel, foto, maupun video). Artikel berjudul Jenggawur Art Festival 2023 semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca. Jika ingin kegiatan kesenian kalian kami ulas, bisa hubungi tim Merekam Aksi ke beberapa kontak dan ikuti media sosial kami berikut ini:

e-mail: merekamakasi@gmail.com

instagram: @merekamaksi

twitter: @merekamaksi

facebook: Merekam Aksi

youtube: Merekam Aksi

Share this:

Posting Komentar