Kelas Jurnalistik Nyentrik Oleh Lintas Kultura

MEREKAMAKSI - Kelas pada umumnya adalah tentang seragam dan kurikulum yang baku, namun beda dengan kelas jurnalistik yang digelar oleh Lintas Kultura. Kelas yang digelar dua hari satu malam (2-3 Agustus 2022) tersebut adalah kelanjutan dari cita-cita yang disepakati bersama Jala Skena yang punya tujuan berjejaring lintas skena dari berbagai kota. Jala Skena merupakan sebuah program dari liBSpace, apa itu liBSapce? coba cek akun sosial media mereka @li.bs.pace

lintas kultura 2022
panitia dan peserta, sumber gambar: instagram @lintaskultura


Lintas Kultura

Sebuah kalimat tertulis di caption unggahan akun instagram @lintaskultura, tepatnya di tanggal 14 bulan juli 2022; "Saling mengenal, bekerjasama, dan bersinergi untuk sesuatu yang lebih besar demi kebaikan lebih banyak pihak, hanyalah satu dari sedikit buah berjejaring"

Kalimat tersebut cukup terwakili oleh judul "Lintas Kultura" yang padat namun begitu luas maknanya. Tujuan dari Lintas Kultura ini tertulis lengkap dalam satu paragraf pada file berekstensi .pdf yang berjudul ToR Lintas Kultura_Peserta.

"Kelas ini merupakan cita-cita yang disepakati bersama jaringan Jala Skena. Bertujuan untuk merawat talenta baru serta berharap mampu bertumbuh bersama individu dan kelompok yang memiliki daya juang untuk memgembangkan potensi lokal di daerahnya masing-masing. Memastikan industri kreatif, seni dan budaya mampu tumbuh dan berkembang tak tergerus zaman. Dengan harapan dan tujuan yang telah tertulis, kami berharap program ini mampu bertahan minimal 3 Tahun awal setelah program ini di mulai agar mampu mendapat hasil yang semoga sesuai dengan harapan" tertulis pada paragraf pertama halaman ke tiga file ToR Lintas Kultura_Peserta.pdf yang diterima tim merekamaksi.com

Selain kelas Menulis & Foto (Jurnalistik), ada juga beberapa kelas di Lintas Kultura ini, diantaranya yaitu Stage/Event Management, Tata Kelola Talent Musik/Solo/Duo/Band, Desain Komunikasi Visual, Video/Film Dokumenter, Tata Kelola Arsip, dan Residensi Kolektif.

aula Omah Jawi Sejahtera
suasana Omah Jawi Sejahtera


Kelas Menulis & Foto (Jurnalistik)

Dimulai pukul 13.00 wib di aula Omah Jawi Sejahtera yang letaknya ada di Dusun Jl. Boyong, RT 005/RW011, Bojong, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kelas menulis dimulai dengan pembicara Titah AW ( @titahaw ). Pembicara di kelas menulis jurnalistik tersebut adalah seorang jurnalis lepas kelahiran Tulungagung yang tulisan nya bisa di baca di Vice, Project Multatuli, dan juga Warning Magazine.

Titah AW di Lintas Kultura
sesi tanya jawab bersama Titah AW dipandu oleh moderator @yukasmahesa


Jurnalisme Sastrawi adalah materi yang dipilih Titah AW yang sering ia pakai sebagai gaya kepenulisan dalam berbagai liputan. 

Hari pertama dibagi menjadi 3 sesi untuk kelas menulis jurnalistik, yaitu pukul 13.00 - 15.00, sesi kedua 16.00 - 18.00, kemudian untuk sesi terakhir mulai pukul 19.00 hingga pukul 20.00. Usai kelas menulis jurnalistik, peserta dan patitia, pun juga pembicara duduk melingkar sembari membakar jagung di halaman.

Hari kedua, dimulai pukul 09.00 wib (Rabu, 03/08/2022) dengan udara yang cukup menembus tulang. Kelas foto jurnalistik dengan pemateri seorang fotografer senior tirto.id, Bhagavad Sambadha ( @fullmoonfolks ) berlangsung sangat santai. "Tadi siapa yang sudah mandi? tepuk tangan buat yang tadi pagi mandi, dingin banget" ungkap Bhagavad Sambadha sembari menyalakan rokok di tangan nya.

Bhagavad Sambadha Fotografer


Materi dasar fotografi, kemudian berdiskusi tentang beberapa foto yang ditampilkan di slide berlangsung santai. Kelas nan nyentrik sambil minum teh atau pun kopi, sambil merokok, dengan baju bebas hingga celana pendek membuat suasana kelas begitu cair. Tak jarang obrolan-obrolan diluar topik pun menjadi hal yang menarik sebagai intermeso.

Bhagavad Sembhada mengajak kelas fotografi jurnalistik
materi rule of third photography, sumber gambar: instagram @lintaskultura

Penutup : MEREKAMAKSI

Terima kasih sudah berkunjung ke blog MEREKAMAKSI, sebuah blog yang mencoba mengarsipkan kegiatan kesenian dalam bentuk digital (artikel, foto, maupun video). Artikel berjudul Kelas Jurnalistik Nyentrik Oleh Lintas Kultura semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca. Jika ingin kegiatan kesenian kalian kami ulas, bisa hubungi tim Merekam Aksi ke beberapa kontak dan ikuti media sosial kami berikut ini:

e-mail: merekamakasi@gmail.com

instagram: @merekamaksi

twitter: @merekamaksi

facebook: Merekam Aksi

youtube: Merekam Aksi

Share this:

Posting Komentar