Ragil Jhony Freedom Menjadi Bagian Konser Senandung Anak Wayang Sawung Jabo & Sirkus Barock

MEREKAMAKSI - Ragil, vokalis band reggae asal Banyumas (Purwokerto) Jhony Freedom menjadi satu dari 3 penampil yang berkesempatan menjadi pembuka di konser Senandung Anak Wayang Sawung Jabo & Sirkus Barock. Ketiga penampil tersbeut adalah Ragil Jhony Freedom, Hery Samsara, dan Iksan Skuter. Bertempat di halaman Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta, ketiganya melantunkan tembang karya Sawung Jabo sebelum open gate konser Senandung Anak Wayang.

Konser Senandung Anak Wayang Sawung Jabo & Sirkus Barock

Jhony Freedom

Jika mendengarkan album Introspeksi dan album Obah milik Jhony Freedom, secara lirik diduga kuat sang penulis lirik, Ragil Jhony Freedom ini mengidolakan Sawung Jabo. Terbukti dengan beberapa lirik dan aransemen yang nuansanya sedikit terselip energi Sawung Jabo & Sirkus Barock. Lagu-lagu yang diciptakan tidak seperti kebanyakan band di daerahnya, Jhony Freedom bisa dibilang sebagai band reggae eksploratif yang dekat dengan unsur ballad dan folk.

Ragil Jhony Freedom di konser Senandung Anak Wayang

"Saya tidak menyangka, saya yang dari desa dan cukup jauh dari lingkar berkesenian di Jogja, dapat kesempatan untuk menjadi bagian di konser nya Mas Jabo dan Sirkus Barock, sangat bahagia untuk apresiasi ini" ungkap Ragil saat ditemui tim merekamaksi.com sebelum sound check di Taman Budaya Yogyakarta. Ragil bercerita cukup banyak tentang kekaguman nya pada sosok Sawung Jabo dan proses kreatif Sirkus Barock.

Ragil Jhony Freedom di konser Sawung Jabo

Senandung Anak Wayang

Pertunjukan Senandung Anak Wayang Sawung Jabo & Sirkus Barock sukses digelar pada 18 September 2022 di Concert Hall Taman Budaya, Yogyakarta. Sajian pertunjukan di bawah pipinan produksi Very Andrian ini sukses dengan menghadirkan kejutan yang tidak disangka oleh pengunjung, baik penonton maupun tamu undangan. Dihadirkan nya Iwan Fals dan Setiawan Djoji menjadi reuni yang membuat penonton merasakan kehangatan malam itu.

Sawung Jabo yang berusia 71 tahun masih tampil energik, ditemani sang istri yang turut menjadi backing vocal, ditambah dengan hadirnya kedua sahabatnya Iwan Fals dan Setiawan Djoji, energi Sawung Jabo tercurahkan semua.

Sirkus Barock

Kurang lebih 22 lagu dibawakan di gelaran Senandung Anak Wayang dengan begitu mewah pertunjukan nya. Dimulai dengan pembacaan puisi oleh Butet Kartaredjasa, sebuah karya Sawung Jabo yang ditulis pada 2022 di Sydney, Australia, krrya tersebut berjudul ''Menatap Langit''. Satu lagu pembuka yang dibawakan oleh Sawung Jabo dan Sirkus Barock berjudul "Karena Kau Bunda Kami" menyita perhatian pengunjung dengan ditambah aksi teatrikal seorang penari.

Sawung Jabo & Sirkus Barock

Beberapa nama yang terlibat sebagai penampil di gelaran Senandung Anak Wayang diantaranya adalah Suzan Piper, Toto Tewel, Joel Tampeng, Ucok Hutabarat, Bagus Mazasupa, Denny Dumbo, Ruben Kayon, Hasnan Hasibuan, Reza Achman, Alfred Mailoa, Bonita, Tauhid Subarkah, Eko Supriyanto, Agus (mBendol) Margiyanto, Nasirun, dan Djarot Budidarsono.

Di lagu ke 5 yang berjudul "Kanvas Putih" seorang pelukis bernama Nasirun melakukan aksi melukis di kanvas dengan durasi cukup pendek, hingga berhentinya lagu Kanvas Putih yang dibawakan Sawung Jabo & Sirkus Barock.

Usai lagu Senandung Anak Wayang dibawakan, naiklah ke atas panggung sosok Iwan Fals yang menjadikan kejutan bagi para pengunjung pertunjukan di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. 4 lagu dinyanyikan bersama Iwan Fals, kemudian dipanggil lah sahabat mereka, Setiawan Djodi dengan memainkan gitar penuh tenaga. "Nah kalau ini Kantata Barock!" teriak salah seorang penonton yang tak terlihat darimana arah suara tersebut karena ramainya pengunjung.

Penampilan Sawung Jabo, Iwan Fals, Setiawan Djodi

Penutup : MEREKAMAKSI

Terima kasih sudah berkunjung ke blog MEREKAMAKSI, sebuah blog yang mencoba mengarsipkan kegiatan kesenian dalam bentuk digital (artikel, foto, maupun video). Artikel berjudul Ragil Jhony Freedom Menjadi Bagian Konser Senandung Anak Wayang Sawung Jabo & Sirkus Barock semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca. Jika ingin kegiatan kesenian kalian kami ulas, bisa hubungi tim Merekam Aksi ke beberapa kontak dan ikuti media sosial kami berikut ini:

e-mail: merekamakasi@gmail.com

instagram: @merekamaksi

twitter: @merekamaksi

facebook: Merekam Aksi

youtube: Merekam Aksi


Share this:

Posting Komentar