Pegiat Kopi Banjarnegara Rayakan International Coffee Day 2022

MEREKAMAKASI - International Coffee Day diperingati setiap tanggal 1 Oktober di seluruh penjuru dunia. Pegiat kopi Banjarnegara pun tak melewatkan momen ICD (International Coffee Day) tersebut. Digelar sebuah acara dengan tagline "Ngopi Mbookk" yang dilaksanakan di alun-alun kota Banjarnegara dengan sederet rangkaian acara, Minggu 02 Oktober 2022.

Pegiat Kopi Banjarnegara

Pegiat Kopi Banjarnegara

Banyak pegiat kopi di Banjarnegara yang hadir di alun-alun kota Banjarnegara pada perayaan ICD 2022, mulai dari penikmat kopi, pelanggan kedai, dan juga pelaku bisnis kopi, baik pemilik kedai kopi, roastery, dan lain sebagainya. Di peringatan ICD 2022 tersebut sebuah kompetisi menyeduh kopi menjadi satu kegiatan yang cukup menarik perhatian. Ada 54 peserta yang meramaikan kompetisi menyeduh kopi yang diberi nama Banjarnegara Throwdown Competition.

Peserta Mencium Aroma Kopi
Peserta mencium aroma kopi sebelum kompetisi menyeduh

Kopi yang disiapkan untuk kompetisi ini adalah kopi asal Kalibening Banjarnegara dengan tiga varian proses paska panen (natural, full-washed, dan honey). 54 peserta tersebut harus menyajikan seduhan kopi terbaik yang langsung dinilai oleh 3 juri di masing-masing sesi, kecuali di sesi final yang langsung dinilai 12 juri sekalligus.

Manual Brew Competition
babak final Banjarnegara Throwdown Competition

Peringatan International Coffee Day 2022 oleh pegiat kopi Banjarnegara ini diselenggarakan dengan mengusung semangat kolektif yang di inisiasi oleh komunitas penyeduh kopi Banjarnegara "Brewers Banjarnegara", cek akun instagram mereka di @barabrewers

Dari 54 peserta yang tercatat, akhirnya menyisakan 2 peserta yang lolos ke babak final. "Ada kejutan untuk peserta yang masuk final, mereka tidak kami beri tahu sebelum nya, di final nanti peserta harus nge-blend tiga kopi yang ada lalu diseduh" ungkap Dimas PW saat ditemui tim merekamaksi.com menjelang babak final.

Juri Kompetisi Menyeduh Kopi Banjarnegara

Zidan sebagai pemenang di Banjarnegara Throwdown Competition menyita perhatian ke 12 juri. "Saya pakai 5 gram natural, 5 gram full-wash, dan 5 gram honey, alasan saya menggunakan masing-masing 5 gram biar adil" ungkap Zidan saat menjelaskan tentang proses blending yang ia lakukan pada babak final. Dari 12 juri, semua memilih cangkir hasil seduhan Zidan, menang mutlak untuk Zidan di babak final sehingga ditetapkan ia sebagai juara.

Juara Menyeduh Kopi Banjarnegara
Zidan juara 1 Banjarnegara Throwdown Competition

Kopi Rakyat Serba Lima Ribu

Selain kompetisi menyeduh juga ada lapak kopi murah dengan julukan "Kopi Rakyat". Hanya dengan Rp. 5.000,- saja pengunjung bisa memesan segelas kopi baik itu arabika atau pun robusta. Harga tersebut tentu harga spesial hanya saat acara berlangsung.

Kopi Rakyat di peringatan International Coffee Day 2022 Banjarnegara
kopi rakyat hanya Rp. 5000 per cup

Penutup : MEREKAMAKSI

Terima kasih sudah berkunjung ke blog MEREKAMAKSI, sebuah blog yang mencoba mengarsipkan kegiatan kesenian dalam bentuk digital (artikel, foto, maupun video). Artikel berjudul Pegiat Kopi Banjarnegara Rayakan International Coffee Day 2022 semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca. Jika ingin kegiatan kesenian kalian kami ulas, bisa hubungi tim Merekam Aksi ke beberapa kontak dan ikuti media sosial kami berikut ini:

e-mail: merekamakasi@gmail.com

instagram: @merekamaksi

twitter: @merekamaksi

facebook: Merekam Aksi

youtube: Merekam Aksi

Share this:

Posting Komentar