7 Rekomendasi Destinasi Wisata di Palembang

Jika mendengar kata Palembang, hal pertama yang diingat biasanya adalah Pempek, kuliner khas Palemang yang terbuat dari ikan dengan rasa gurih bumbu rempah yang sedap.  Siapapun pasti jatuh hati  dengan camilan yang satu ini.

Tidak hanya populer dengan makanan khas yang lezat, Palembang juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Keindahan alam serta beragam keunikan daerah yang menarik bisa kamu temukan di Ibu kota Sumatera Selatan ini. Oleh karenanya, ada banyak sekali bangunan hotel di Palembang yang sering disambangi para turis.

Kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan ini memiliki banyak kekayaan alam yang menjadi destinasi wisata yang laris dan menyenangkan. Mulai dari wisata religi, wisata sejarah, wisata budaya dan edukasi semua tersedia di sini.

Tentunya mengunjungi situs warisan budaya dan sejarah bisa sekaligus menambah wawasan kamu sambil berlibur. Jika kamu ingin berlibur ke Palembang, berikut rekomendasi destinasi wisata yang wajib dikunjungi dan bisa kamu jadikan referensi saat berlibur dengan keluarga.

Pilihan Tempat Wisata Palembang

Berikut ini adalah pilihan tempat wisata di Palembang yang bisa kalian jadikan tujuan wisata. Untuk band yang akan tour ke kota Palembang, coba kunjungi tempat-tempat berikut:

Jembatan Ampera

jembatan ampera
sumber gb. google

Jika kamu berkunjung ke Palembang, tidak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi ikon kebanggaan Palembang yang terkenal ini. Jembatan ini berada di Jalan Lintas Sumatera, Palembang dan sempat menjadi jembatan yang terpanjang di Asia Tenggara. 

Agar terlihat lebih modern dan keren, jembatan dengan panjang lebih dari 1000 meter, tinggi 63 meter dan lebar 22 meter ini dibenahi sebelum ajang Asian Games 2018 dan dipasang dua jam analog raksasa di kedua menara Jembatan ini tampak makin cantik di malam hari dengan deretan lampu yang berjejer menghiasi sepanjang jembatan.

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak Palembang
sumber gb. google maps : Adhika Atyanta

Benteng bersejarah ini berada di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, Palembang dan terletak di tepi Sungai Musi. Benteng ini dibangun  tahun 1780 dan kini menjadi area alun-alun. 

Di halaman depannya, dilengkapi dengan bangku, penjual makanan, dan fasilitas sewa perahu untuk keliling Sungai Musi. Benteng Kuto Besak lokasinya cukup dekat pusat kota dan jaraknya sekitar 4 km.

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho Palembang
sumber gb. masjidnusantara


Masjid ini berada di Seberang Ulu, Kota Palembang dan merupakan masjid yang memiliki arsitektur  perpaduan budaya Tionghoa, Palembang, dan Arab. Masjid yang didominasi warna merah dan hijau ini menjadi  simbol multikultur yang ada di Palembang. Kamu menikmati keindahan masjid unik ini dan berfoto tanpa harus membayar biaya masuk.

Wisata Alam Punti

Wisata Alam Punti
sumber gb. web travelingmedan


Taman Wisata Alam ini adalah kawasan hutan kota yang berada di Jalan Kolonel Burlian, Alang-alang Lebar, Palembang. Taman dengan luas sekitar 50 hektar ini cocok dijadikan wisata bersama keluarga, untuk tempat piknik, menggelar tikar serta menyantap bekal makanan dari rumah.

Taman yang satu ini memiliki beberapa wahana permainan yang menarik, mulai dari farm zone, flying fox, replika keajaiban dunia, dan lainnya.

Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk Palembang
sumber gb. nowpalembang.com


Sekanak Sidewalk berada di area Talang Semut, Palembang tepatnya di dekat Sungai Sekanak. Tempat wisata ini dihiasi cat warna-warni sedemikian rupa sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang berkunjung.

Buat kamu yang suka berburu foto di tempat-tempat yang Instagramable, tempat yang mengusung konsep warna-warna cerah ini cocok untuk dijadikan spot foto. Kamu tidak akan dikenai biaya saat masuk ke tempat ini alias gratis. Di sini kamu bisa berjalan-jalan dengan santai sambil menikmati indahnya jembatan Ampera dan Sungai Musi.

Museum Balaputradeva

Museum Balaputradeva Palembang
sumber gb. travelingyuk


Museum yang satu ini menyimpan berbagai koleksi masa lampau mulai dari koleksi zaman pra-sejarah, Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Palembang, hingga masa kolonialisme Belanda. Museum ini terletak di Jalan Sriwijaya, Kota Palembang.

Di sini, kamu bisa melihat berbagai koleksi arca dari zaman megalitikum, informasi tentang sejarah bagaimana berdirinya Kerajaan Sriwijaya serta benda-benda peninggalan masa Kesultanan Palembang. Kamu juga bisa melihat rumah khas daerah seperti rumah Limas dan juga rumah Ulu.

Bukit Siguntang

Bukit Siguntang Palembang
sumber gb. ksmtour


Wisata Bukit Siguntang yang berada di, Kelurahan Bukit Lama, Ilir Barat ini adalah tempat makam para bangasawan dan keturunan dari Kerajaan Sriwijaya. Berdasarkan catatan sejarah, Bukit ini dulunya juga menjadi tempat ibadah bagi penganut agama Buddha.

Hal ini dibuktikan dengan penemuan arca Buddha dari batu granit setinggi 2,77 meter di sini. Bukit Siguntang ramai dikunjungi wisatawan untuk liburan, bersantai, melakukan ziarah, hingga menjadi lokasi untuk foto pre-wedding.

Itulah 7 rekomendasi  tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi. Sekarang saatnya kamu menjelajahi indahnya kota Palembang dan menikmati liburan bersama!

Untuk urusan penginapan, ada banyak hotel di Palembang yang bisa kamu pilih, misalnya All Nite & Day Palembang yang menghadirkan fasilitas lengkap dan nyaman untuk kamu menginap. Jangan lupa untuk memenuhi semua kebutuhan liburanmu dengan aplikasi Traveloka.

Selain bisa pesan Hotel di Traveloka, kamu juga bisa booking Villa, Apartemen, Resort, Glamping dan berbagai jenis penginapan lainnya di menu Holiday Stays.Kunjungi website atau aplikasi Traveloka dan dapatkan harga promo selama periode campaign Traveloka 12.12 Sale! Jangan lupa ikutan Traveloka Flash Sale dan Daily Sale, untuk mendapatkan kode kupon setiap harinya!

Share this:

Posting Komentar