Banjarnegara Turut Ramaikan Music Merch Fest 2023

MEREKAMAKSI - Bertempat di sebuah kedai kopi gelaran Music Merch Fest 2023 Banjarnegara terselenggara dengan apik. Acara yang digagas oleh LIBSTUD dan FSTVLST ini diselenggarakan secara serempak di beberapa 16 kota pada minggu 30 April 2023. 16 kota yang menjadi sejarah mengawali gelaran Music Merch Fest tersebut adalah Jogja, Ajibarang, Bandung, Banjarnegara, Gunungkidul, Klaten, Lampung, Makassar, Salatiga, Semarang, Subang, Tuban, Padang, Palopo, Purwokerto, dan Wates.

Music Merch Fest 2023 Banjarnegara
foto oleh Albar - Hana


Music Merch Fest 2023

Mengutip dua paragraf yang ada di press release Music Merch Festival 2023:

Konsep ini menjadi semacam gerakan untuk para pekerja kreatif di berbagai kota dalam mempertahankan keberlangsungan ekosistemnya. Format festival semacam ini menjadi penegas bahwa wujud pesta rakyat (festival) sejatinya dapat dipakai, disesuaikan, dan dirayakan dengan ruang dan sumber daya di sekitarnya.

Melangsungkan perayaan atas musik dan cendera mata-merchandise band, Music Merch Festival 2023 secara sadar berusaha untuk terus menggali dan mendistribusikan pengetahuan atas berbagai cerita yang beririsan di dalamnya. Mulai dari siasat menyelenggarakan festival cendera mata musik di berbagai kota, ekosistem musisi dan penggemarnya, hingga budaya mengoleksi cendera mata yang barangkali tak pernah diceritakan.

Dari dua paragraf tersebut bisa kita tangkap maksud dan tujuan diadakannya Music Merch Fest ini, semoga berlangsung dengan baik dan eksistensi serta konsistensinya selalu ada di tahun-tahun berikutnya.

Merch Fest Banjarnegara

Banjarnegara sebagai kota yang tergolong kecil namun semangatnya cukup besar. Oleh karena itu, ketika LIBSTUD pertama kali membuat issue tentang acara Music Merch Fest, teman-teman di Banjarnegara segera berdiskusi untuk turut meramaikannya. Music Merch Fest 2023 Banjarnegara sukses terselenggara berkat keseriusan teman-teman Kolektif Pancaroba yang rela menyisihkan waktu sibuk mereka untuk memikirkan beberapa hal demi terselenggaranya acara ini.

"Setau saya belum pernah ada ya, koreksi jika saya salah, sepertinya baru pertama ada sajian music selector di Banjarnegara, ya buat seru-seruan aja, barangkali kita bisa menciptakan sejarah" ungkap Tama saat dihubungi merekamaksi.com

Music Selector Banjarnegara - Merch Fest 2023
penampilan Sarrotama Wara - foto oleh Albar - Hana


Music Selector memainkan beberapa koleksi rilisan kaset pita, ada juga yang menggunakan daftar putar spotify, meramaikan acara Music Merch Fest 2023 Banjarnegara. Music selector yang meramaikan acara diantaranya Gary, Ipong, Kyomi, Maghribzar, Sarrotama Wara, dan Tumi & The Batirs. Selain itu juga ada penampilan beberapa performer seperti Reumina, Garis Imajiner, Kayana, Westdoc Crew, dan Dub Noise. Beberapa band yang mempunyai rilisan fisik (kaset/cd) dan merch juga meramaikan gelaran Music Merch Fest Banjarneagara, diantaranya ada Fremde 13, Gardenia, Ruang Fiksi, Ujung Kuku, The Arrd, You Go Away I'm Here, dan beberapa lagi lain nya.

Kayana di acara Music Merch Fest Banjarnegara
penampilan Kayana - foto oleh Albar - Hana


"Gerakan ini mampu mengarsipkan kembali movement band-band indie lokal secara masif, terbukti kawan-kawan kontributor display merch band di Banjarnegara terhitung lebih dari 20 rilisan dari band bentukan sekitar tahun 2010-2023 (project music terbaru). Selain display rilisan merch, sajian segar kawan-kawan Pancaroba berbentuk selector, mengisi secara liniear bersamaan dengan kontributor pelapak dari pelaku industri kreatif. Kami ucapkan terima kasih kepada semua kontributor, atas keberlangsungan Music Merch Festival di Banjarnegara yang penuh romantisme di tengah hujan gerimis" tulis Kolektif Pancaroba di caption instagram mereka.

Penutup : MEREKAMAKSI

Terima kasih sudah berkunjung ke blog MEREKAMAKSI, sebuah blog yang mencoba mengarsipkan kegiatan kesenian dalam bentuk digital (artikel, foto, maupun video). Artikel berjudul Banjarnegara Turut Ramaikan Music Merch Fest 2023 semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca. Jika ingin kegiatan kesenian kalian kami ulas, bisa hubungi tim Merekam Aksi ke beberapa kontak dan ikuti media sosial kami berikut ini:

e-mail: merekamakasi@gmail.com

instagram: @merekamaksi

twitter: @merekamaksi

facebook: Merekam Aksi

youtube: Merekam Aksi

Share this:

Posting Komentar