Banjarnegara Culture Unity Pertemukan Seni Tradisional dan Modern

MEREKAMAKSI - Perayaan kemerdekaan Republik Indonesia tentu menjadi hal yang sangat umum terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Begitu juga di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah ini, perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia juga diperingati dengan sederet kegiatan. Sebuah pertunjukan bertajuk "Banjarnegara Culture Unity" digelar tepat di tanggal 17 Agustus 2023 oleh pemerintah daerah Banjarnegara.

Banjarnegara Culture Unity
penampilan D'Brothers - foto oleh Ian Alam Sukarso


Banjarnegara Culture Unity

Bertempat di alun-alun kota Banjarnegara, panggung pertunjukan dibuat menyerupai bangungan Istana Merdeka Jakarta. Pertunjukan seni tradisional dan modern dibalut dalam sebuah rangkaian pertunjukan yang apik. Diantaranya adalah penampilan dari Rudra Swara, D'Brothers, Masih Party, Nuansa Akustika, dan Trika Lengger.

Penampilan seni tradisional dibawakan oleh Rudra Swara dan Trika Lengger, kemudian dikolaborasikan dengan seni modern D'Brothers, Masih Party, dan Nuansa Akustika. Bertemunya kesenian tradisional dan modern ini tentu sesuai dengan spirit tema yang dipilih "Unity"

Dibuka dengan penampilan dalang muda, Ki Jalu yang kemudian dilanjut dengan penampilan Trika Lengger, D'brothers, Masih Party, dan ditutup oleh penampilan Nuansa Akustika. Di setiap perpindahan penampil, ada narasi apik dari dalang Ki Jalu mulai dari lelucon, kritik, hingga harapan-harapan untuk kota Banjarnegara terutama generasi mudanya.

Penonton Banjarnegara Culture Unity
keseruan penonton Banjarnegara Culture Unity - foto oleh: Ian Alam Sukarso


Penutup : MEREKAMAKSI

Terima kasih sudah berkunjung ke blog MEREKAMAKSI, sebuah blog yang mencoba mengarsipkan kegiatan kesenian dalam bentuk digital (artikel, foto, maupun video). Artikel berjudul Banjarnegara Culture Unity Pertemukan Seni Tradisional dan Modern semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca. Jika ingin kegiatan kesenian kalian kami ulas, bisa hubungi tim Merekam Aksi ke beberapa kontak dan ikuti media sosial kami berikut ini:

e-mail: merekamakasi@gmail.com

instagram: @merekamaksi

twitter: @merekamaksi

facebook: Merekam Aksi

youtube: Merekam Aksi

Share this:

Posting Komentar