Meeting Room Live Vol.5 Persembahan Kolektif Pancaroba

MEREKAMAKSI - Sebuah pertunjukan musik bernama Meeting Room Live sudah sampai di gelaran yang ke lima. Program kolektif yang diinisiasi oleh indiegigsmedia, kali ini dieksekusi dengan wadah bernama Kolektif Pancaroba. "Merupakan akumulasi dari sebab-akibat romansa yang terjalin tanpa rupa. Skema atas kelakar handai taulan, dan perumpamaan bagi rumah-rumah yang rindu akan asas kedaulatan" sebuah kutipan yang tertulis di akun instagram Pemuda Pancaroba @kolektifpancaroba 

FLOURISH di Meeting Room Live Banjarnegara
penampilan FLOURISH - foto oleh: @ianalamsukarso


Meeting Room Live

Kembali ke tahun 2022 tepatnya pada 12 Juni di hari minggu, gelaran Meeting Room Live yang ke empat sukses digelar dalam rangka menyambut kedatangan band rock asal Klaten bernama The Jeblogs. Mereka dalam rangkaian tour ke beberapa kota untuk promo single "Atas Nama" yang memutuskan Banjarnegara sebagai salah satu titik singgah The Jeblogs.

Sama halnya dengan Meeting Room Live sebelumnya, di gelaran Meeting Room Live Vol.5 ini juga kedatangan band surf-rock asal Kota Lamongan, Jawa Timur bernama FLOURISH. "Parade Sirkus" menjadi title tour FLOURISH yang dilangsungkan mulai akhir Februari 2023 ke beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan juga Jawa Timur.

Parade Sirkus Tour Flourish
poster tour Parade Sirkus, sumber gb. instagram @flooourish

Kamis, 02 Maret 2023 bertempat di pasar salak kota Banjarnegara, pertunjukan musik Meeting Room Live Vol.5 menghadirkan 6 band. Ke-enam band tersebut adalah sebagai berikut:

  1. @flooourish (Parade Sirkus Tour, Lamongan)
  2. @marsmolys (Yogyakarta)
  3. @milestonevibes (Banjarnegara)
  4. @thepresidance (Banjarnegara)
  5. @truehope.mind (Banjarnegara)
  6. @comingfrombehind.room (Banjarnegara)

"Tak kira pasar salak itu nama tempat, semacam nama jalan atau nama daerah, ternyata pasar salak beneran, keren! Besok saya buat gigs di pasar ikan ah kalau pulang ke Lamongan, hehehee" ungkap Ibnu Izad (gitaris & vokalis FLOURISH) saat ditemui tim merekamaksi.com sebelum penampilan mereka.

pasar salak banjarnegara malam hari
aktivitas pasar salak dan gigs Meeting Room Live Vol.5 - foto oleh @ianalamsukarso


Suasana pasar salak yang aktif beroperasi malam hari di situ terdapat gigs musik tanpa barikada, tanpa panggung level, tidak ada sekat antara penonton dan penampil, semua membaur dengan asik. Tak jarang beberapa orang yang sedang packing salak pun sesekali menghampiri untuk menghilangkan rasa penasaran akan kegiatan yang dilakukan muda mudi Banjarnegara tersebut. "Niki acara nopo mas? musikan deneng teng pasar salak? nembe tau menangi niki mas" tanya salah satu kondektur truk yang sedang menunggu truk nya dipenuhi keranjang salak.

marsmolys band yogyakarta
penampilan Marsmolys band Yogyakarta - foto oleh @ianalamsukarso


Pasar Salak Surf-Rock Gigs!

Dibuka dengan intro, kemudian sempat sedikit terlihat gugup sang gitaris karena senar gitar tiba-tiba putus. Namun hal tersebut tidak membuat FLOURISH berhenti memainkan musik mereka. Tim tour Parade Sirkus dengan cekatan menyiapkan gitar lain yang digunakan untuk candangan dan mengganti senar yang putus tersebut. Dilanjutkan dengan lagu Pulau Fantasi, God Father, Rute Vakansi, المجسد , Renjana, Ada Kawan Ada Lawan dan diakhiri dengan The Flying Ducks. Penampilan dengan energi maksimal dicurahkan oleh FLOURISH walupun kondisi fisik nya tak bisa dibohongi, mereka lelah setelah melangsungkan perjalanan darat dari titik sebelumnya.

penampilan FLOURISH di Meeting Room Live
Surf-Rock Pasar Salak - foto oleh: @ianalamsukarso


"Simulasi pertunjukan diantara gemerlap pertunjukan hadir kembali menjejaki ruang bawah tanah, garasi, bengkel bahkan beranda rumah kalian" sebuah kalimat yang sering tertulis di unggahan akun Kolektif Pancaroba, hal tersebut menjadi jawaban kenapa acara digelar di pasar salak.

"Hampir tiap kota seru Mas, tapi yang paling berkesan Jakarta kemarin, seru pokoknya. Oh iya mas, biasanya di tiap daerah punya guyonan saru yang khas, kalau di sini apa mas? hehehehee" tutup Ivan Andrean sang gitaris FLOURISH usai ditanya soal pengalaman perjalanan oleh tim merekamaksi.com

meeting room live Banjarnegara
FLOURISH - foto oleh: @ianalamsukarso


Penutup : MEREKAMAKSI

Terima kasih sudah berkunjung ke blog MEREKAMAKSI, sebuah blog yang mencoba mengarsipkan kegiatan kesenian dalam bentuk digital (artikel, foto, maupun video). Artikel berjudul Meeting Room Live Vol.5 Persembahan Kolektif Pancaroba semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca. Jika ingin kegiatan kesenian kalian kami ulas, bisa hubungi tim Merekam Aksi ke beberapa kontak dan ikuti media sosial kami berikut ini:

e-mail: merekamakasi@gmail.com

instagram: @merekamaksi

twitter: @merekamaksi

facebook: Merekam Aksi

youtube: Merekam Aksi

penulis: ian

Share this:

Posting Komentar